Minggu, 24 Oktober 2010

Kobarkan Semangat Kebangkitan Nasional

Indonesia adalah negara yang kaya akan kekayaan alam. Tidak heran apabila sebelum tahun 1945 Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing. Seperti  Portugis, Belanda, Jepang, dll, yang sangat menginginkan untuk menguasai Indonesia.

Namun dengan semangat yang berkobar, para pendahulu kita merebut kembali Indonesia. Mereka mempertaruhkan nyawa hanya untuk Kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sekarang, kita telah menikmati kemerdekaan ini. Apa yang harus kita lakukan agar kemerdekaan yang diperoleh tidak dengan cuma-cuma ini tetap terisi? sebagai penerus bangsa, kita harus mempunyai SDM(Sumber Daya Manusia) yang berkualitas. Kita juga harus pandai-pandai mengolah apa yang telah bangsa Indonesia miliki. Jangan sampai kita kehilangan kekayaan yang melimpah ruah.

Tidak hanya kekayaan alam saja, namun juga kekayaan budaya. Kita pernah menyaksikan budaya kita yang telah dicuri oleh negara lain.

Sebut saja Pengklaiman atas beberapa kebudayaan yang jelas-jelas asli Indonesia oleh oknum tak bertanggung jawab negara tetangga. Tentu saja hal ini tak luput dari kelalaian kita. Perilaku lalai dan tidak bangga terhadap produk dan kebudayaan lokal-lah yang menjadikan ini sebuah kesempatan bagi negara lain untuk berbuat kejahatan pada negara kita. Apa kita tak malu? Indonesia adalah negara yang super kaya. Baik budaya dan sumber daya lainnya.

Maka dari itu, melalui tulisan ini, saya menghimbau kepada seluruh pelajar, pemuda, bahkan seluruh warga negara Indonesia, marilah kita jaga dan kobarkan kembali rasa cinta kita secara utuh dan menyeluruh terhadap tanah air Indonesia dengan cara melestarikan dan menunjukan kebanggaan terhadap warisan-warisan terdahulu, dan produk-produk / karya asli bangsa Indonesia. Hilangkanlah rasa malu untuk belajar budaya tradisional Indonesia. Karena bangsa yang baik ialah bangsa yang mau melanjutkan semangat warisan terdahulunya. Sebagai pelajar, rasa patriotisme dapat ditunjukan dengan dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan kesungguhan yang heroik dalam menuntut ilmu agar tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud.

Dengan begitu, kita bisa membangun indonesia yang
MAJU, CERDAS, SEJAHTERA
DAN MANDIRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar